Bedah Metabolik / Bedah Diabetes


adalah suatu teknik operasi untuk mengatasi diabetes di mana metode lain seperti diet, olahraga dan pengobatan lain tidak efektif. Hal ini terjadi dengan manipulasi anatomi saluran pencernaan sehingga membatasi makanan yang masuk dan diserap oleh tubuh.

 

 

Manfaat :

  1. Kontrol diabetes. Bedah Metabolik sangat efektif untuk mengatasi diabetes yang sulit terkontrol dengan obat-obatan dan insulin. Mayoritas pasien mendapatkan kembali range kadar gula normal segera setelah operasi.
  2. Menurunkan resiko komplikasi penyakit. Dengan terjadinya remisi penyakit diabetes, resiko komplikasi diabetes seperti gagal ginjal, kebutaan, amputasi, serangan jantung dan resiko stroke berkurang.
  3. Angka harapan hidup meningkat. Riset penelitian membuktikan dengan kontrol gula darah yang baik,  pasien yang menjalani operasi ini memiliki angka harapan hiduo yang meningkat dan kemungkinan lebih kecil terkena komplikasi penyakit bila dibandingkan pasien obesitas yang tidak terkontrol gula darahnya.
  4. Kualitas hidup yang lebih baik. Efek lain setelah operasi ini adalah penurunan berat badan, meningkatnya rasa percaya diri, mobilitas, kehidupan seksual dan kesehatan mental yang lebih baik.

 

Step Operasi :

Operasi menggunakan metode laparoskopi yaitu kamera kecil dimasukkan ke dalam rongga perut melalui sayatan mini sehingga dokter bedah bisa melihat seluruh organ didalam perut.

Tahapan :

  • Pasien akan menjalani pembiusan total sehingga pasien akan tidur dan tidak merasakan nyeri sama sekali.
  • Dilakukan sayatan kecil sebesar 1-2cm sebanyak 3-4 buah.
  • Kamera mini  dan instrumen alat operasi yang berbentuk tipis seperti sumpit dimasukkan ke dalam perut.
  • Kamera mini dihubungkan dengan monitor video
  • Dilakukan pengecilan/pemotongan lambung dan rekonstruksi sistem pencernaan menggunakan titanium stapler
  • Luka operasi ditutup kembali dan operasi selesai.

 

 

Jenis operasi :

 

1.   Operasi Sleeve Gastrectomy – Operasi ini juga termasuk metode restriktif. Operasi ini mengecilkan dan memotong sekitar 75%-80% lambung pasien sehingga lambung nantinya berbentuk tabung dan hanya sebesar 20-25% ukuran normal. Operasi ini tergolong sederhana dan berisiko rendah, sehingga menjadi pilihan utama bagi pasien obesitas. Keuntungan dari operasi ini adalah operasi ini tidak mempengaruhi usus, sehingga tubuh masih dapat menyerap nutrisi secara maksimal.

 

2.   Operasi Bypass Lambung – Jenis operasi ini menggabungkan metode restriktif dan malabsorbsi. Operasi ini membuat bypass dari bagian atas lambung langsung ke usus halus, tanpa melewati Bagian bawah lambung dan usus 12 jari. Operasi ini mencegah tubuh menyerap terlalu banyak nutrisi makanan. Operasi ini memberikan kontrol diabetes yang lebih baik dibandingkan metode Sleeve Gastrectomy.

 

 

Submenu

 
 

Bypass Lambung